Gala Siswa Indonesia ( GSI ) Tingkat SMP Provinsi Kalimantan Timur

Dalam rangka mengembangkan bakat sepakbola siswa serta mengoptimalkan pembinaan dan pengembangan olahraga sepakbola di lingkungan satuan pendidikan secara terpadu, LPMP Kalimantan Timur sebagai Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud RI, bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, menyelenggarakan kegiatan Gala Siswa Indonesia ( GSI ) Tingkat SMP di Provinsi Kalimantan Timur.
Gala Siswa Idonesia ( GSI ) dilaksanakan tanggal 5 s.d 9 Agustus tahun 2019, dengan diikuti oleh 7 Kabupaten / Kota di Kalimantan Timur, yaitu, Samarinda, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Kutai Timur, PPU, Paser, dan Kutai Barat. Sedangkan 3 Kabupaten / Kota lain yaitu Bontang , Berau dan Mahulu belum dapat berpartisipasi pada kegiatan ini.
Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Persipal Rawa Makmur, Jalan Kamboja Rt 12 Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran, dan dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Bapak H.M. Syirajuddin, SH, MT. Dalam sambutannya, beliau meminta agar pelatih dan pengurus club dapat mengikuti regulasi-regulasi yang banyak mengalami perubahan FIFA maupun AFF agar sepakbola Kalimantan Timur dapat mengejar ketertinggalan dari negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand, sehingga sistem yang kita terapkan benar-benar terarah dan tentunya dapat memberi manfaat yang baik bagi anak didik kita.
Syirajudin juga berharap GSI dapat menjadi wahana yang terus menerus dilaksanakan, berjenjang dan jangka panjang sehingga nantinya mampu mencetak prestasi yang membanggakan dan harapan kita sepakbola kembali mengukir prestasi emas di ajang-ajang tingkat nasional bahkan internasional yang diikuti.
“Dalam kesempatan ini saya sampaikan agar tim dapat berjuang dengan sebaik-baiknya, tunjukkan hasil latihan di tempat ini dan yang paling penting dan utama adalah jagalah sikap selama bertanding. bermainlah dengan penuh semangat, lawan kalian bukanlah musuh yang harus dikasari, tapi bermain dengan taktik, permainan cantik serta kerjasama tim yang baik, mari bangun attitude yang sportif dalam setiap pertandingan olahraga, menjunjung tinggi sportivitas dan fair play, saling menghargai, menghormati, mengakui keunggulan lawan dan kelemahan diri serta mematuhi aturan dan mentaati keputusan yang telah diberikan oleh penyelenggaraā€¯.
Lebih lanjut, Syirajuddin juga berpesan bahwa dalam setiap kompetisi pasti ada yang menang dan ada juga yang belum berhasil, hal ini merupakan hasil akhir dari sebuah kompetisi karena pasti hanya satu pemenang utama. bagi pemenang jadikanlah event ini sebagai modal dasar pengembangan prestasi serta pengalaman yang berharga yang harus terus dikembangkan dan dibina secara kontinyu, hingga bukan tidak mungkin akan lahir pemain besar di kompetisi ini.
Akhir dari rangkaian kegiatan Gala Siswa Indonesia ( GSI ) Provinsi Kalimantan Timur berakhir dengan kemenangan Tim Perwakilan dari Kota Balikpapan sebagai juara pertama, diikuti oleh Tim Kabupaten Kutai Timur sebagai Juara 2 dan Tim Kota Samarinda sebagai Juara 3.