Upaya Menumbuhkembangkan Budaya Literasi dan Minat Baca Sejak Dini

Perpustakaan LPMP Kalimantan Timur kembali mendapat kunjungan dari Paud As Sa’diah 3 Pada Tanggal 31 Oktober 2019, Dalam rangka upaya menumbuhkembangkan budaya literasi dan minat baca sejak dini. Kegiatan ini diikuti oleh 4 Orang Guru, 26 peserta didik dan 4 Orang Tua/ Wali Murid.

Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku)orang tua-lah yang mempunyai peran besar yaitu,membudayakan literasi di dalam lingkungan keluarga. Apa saja itu? Salah satu tahapannya  yang paling sederhana adalah

 mengunjungi perpustakaan/Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Perpustakaan merupakan sarana yang tepat untuk mewujudkan budaya literasi di kalangan anak

Membaca, menggambar, dan mewarnai adalah kegiatan yang sangat menyenangkan di kalangan anak. Kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kreativitas pada anak. Dalam kegiatan ini para Guru, Orang Tua dan peserta didik paud as sadi’ah 3  terlihat sangat antusias. Peserta didik membaca dongeng, cerita rakyat dan lain-lainnya bersama dengan orang tua mereka. mereka juga mewarnai gambar yang diberikan oleh guru sesuai keinginan peserta didik masing–masing. Ke

mudian dilanjutkan dengan menonton di bioskop pendidikan yang bertemakan tanaman .

Orang tua dan guru memiliki peran penting dalam membantu anak dengan pengembangan kemampuan literasi sejak dini.   Mengenalkan literasi  sejak usia dini dapat menjadi awal yang baik. Ketertarikan anak-anak dalam membaca sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar mereka. Orang tua dan guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anak.

Secara psikologis anak sangat butuh kehangatan orang tua. Studi menemukan bahwa orangtua dan anak yang membaca buku bersama memiliki hubungan lebih hangat dan tidak ragu menunjukkan rasa saling menyayangi, ketimbang yang tidak.

Harapan bunda binti sebagai kepala sekolah Paud As Sa’diah 3  terhadap program gerakan literasi sekolah sejak dini adalah agar peserta didik tumbuh membangun minat baca sejak dini, sehingga ketika mereka dewasa mereka sudah akrab dengan buku dan menjadikan buku sebagai sahabat bagi mereka.

Penting untuk diketahui bagi orangtua bahwa membaca bersama anak secara rutin, tidak hanya melatih literasi dan bermanfaat bagi anak secara akademis, tetapi juga memiliki manfaat secara emosional dan ketertarikan pada membaca yang akan mendukung kesuksesannya di masa depan. Sehingga diharapkan lebih banyak orangtua yang mengajak anak-anaknya membaca bersama sejak usia dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *