Bimbingan Teknis Pembuatan Konten Rumah Belajar di LPMP Kalimantan Timur Tahun 2019

     Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Timur melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Konten Rumah Belajar di LPMP Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 s.d. 21 Desember 2019 dan dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Gogot Suharwoto, Ph.D. Eni Susilowati dari Pustekkom Kemendikbud dan Duta Rumah Belajar Provinsi Kalimantan Timur, Bapak M.Yahya, M.Kom.

     Rumah Belajar, adalah portal yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempermudah insan pendidikan untuk mengakses konten-konten tentang pembelajaran secara online. Untuk dapat  mengakses materi pembelajaran di  portal Rumah Belajar tidak dipungut biaya, cukup dengan mendaftar sebagai user dari Rumah Belajar sudah bisa mengakses seluruh konten yang tersedia pada portal tersebut, sehingga  diharapkan dapat diakses oleh lebih banyak insan pendidikan di tanah air

     Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan portal pembelajaran daring yang sering disebut portal Rumah Belajar dapat diakses secara gratis pada laman https://rumah.belajar.kemdikbud.go.id setiap saat selama 24 jam. Portal Rumah Belajar ini diharapkan mampu memfasilitasi terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan.

     Dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Konten Rumah Belajar, LPMP Kalimantan Timur mengundang 120 peserta yaitu guru dari Sembilan kabupaten/kota (Kota. Samarinda, Kota. Balikpapan, Kota. Bontang, Kab. Berau, Kab. Paser, Kab. Penajam Paser Utara, Kab. Kutai Kartanegara, Kab. Kutai Timur, Kab. Kutai Barat) dan juga Widyaiswara dari LPMP Kalimantan Timur.

     Para peserta diajarkan bagaimana membuat dan mengedit video dan langsung mempraktikkannya. Peserta terlihat sangat antusias dengan materi Rumah Belajar dan  diseminasi Bimbingan teknis dengan menggunakan aplikasi editing video berbasis Android yaitu Kinemaster.  Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan mempresentasikan nya. Hasil Video yang peserta buat sudah sangat bagus walaupun dengan waktu belajar yang singkat.

     Diharapkan peserta dapat memanfaatkan kegiatan pembelajaran pembuatan konten rumah belajar ini di manapun dan kapanpun sesuai dengan jargon Rumah Belajar, Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

One Comment on “Bimbingan Teknis Pembuatan Konten Rumah Belajar di LPMP Kalimantan Timur Tahun 2019”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *