Audiensi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur

Penulis: Evi Firdalisa

Samarinda, 30 Juli 2022. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, melaksanakan Audiensi terkait dengan Dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur, terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada hari Selasa (26/07/2022).

Kedatangan Kepala BPMP Provinsi Kalimantan Timur, Dr.Khairullah, S.Pd., M.Pd dan Tim BPMP Provinsi Kalimantan Timur, disambut dengan sangat hangat dalam suasana silaturahmi oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur.

Pada audiensi ini, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Dr.Khairullah, S.Pd.,M.Pd, memperkenalkan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, berikut dengan tugas dan fungsinya sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, dan menyampaikan tentang Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, tentang Program Merdeka Belajar Episode ke 15 yaitu Kurikulum Merdeka, dan mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur, terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di satuan pendidikan, serta Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

Hal yang sangat menarik dari agenda pertemuan ini adalah pembahasan Bagaimana Cita-Cita dari Kurikulum Merdeka Belajar yaitu melahirkan Profil Pelajar Pancasila. Selaras dengan pokok-pokok pikiran tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, menyampaikan pada saat beliau pernah menjadi Seorang Guru, bahwa dari pengalaman beliau, Pendidikan Karakterlah yang memang menjadi dasar utama dalam pendidikan, baik itu pendidikan di sekolah maupun pendidikan didalam keluarga, seperti pola asuh yang harus didasari dengan  sentuhan cinta dan kasih sayang. Seorang Guru ketika di sekolah, selain membekali anak-anak dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga harus menyentuh anak-anak dengan penuh keikhlasan, sentuhan kasih sayang, dan mampu melihat atau memetakan kempampuan, bakat, potensi, talenta yang dimiliki oleh siswa-siswanya. Yakinkanlah bahwa Semua Anak terlahir dengan bakat-bakat istimewanya. Berilah apresiasi, penghargaan kepada seluruh anak-anak kita, dengan predikat potensi yang dimiliki mereka masing-masing. Apapun bentuk penghargaan yang telah kita berikan kepada mereka, itu akan berdampak positif , yang akan membuat mereka lebih percaya diri,  semangat dalam belajar dalam meraih cita-citanya.

Berkenaan dengan hal tersebut Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, merespon dengan sangat baik, dan beliau atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan siap untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di satuan pendidikan di Provinsi Kalimantan Timur.

Dan melalui pertemuan ini diharapkan menjadi pondasi sinergitas antar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, dalam bersinergi untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang lebih baik di Bumi Mulawarman, Bumi Etam Provinsi Kalimantan Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *