Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Bahan Supervisi Mutu

Pelaku pendidikan  yang memegang peran penting dan strategis dalam peningkatan mutu  pendidikan  adalah standar pendidik dan  tenaga kependidikan. Peningkatan standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah hal mutlak untuk mengembangkan pendidikan kearah yang lebih maju. Kegiatan Supervisi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan guna menyempurnakan proses pembelajaran yang memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan sehingga mampu mencetak generasi bangsa yang maju dan berkualitas.

Sehubungan dengan hal tersebut maka LPMP Kalimantan Timur memerlukan suatu strategi berupa langkah-langkah penjaminan mutu terhadap seluruh proses dan layanan pendidikan yang diberikan kepada pemangku kepentingan. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) pada tahun 2019 melaksanakan Kegiatan Penyusunan Bahan  Supervisi Mutu yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi peserta yang akan menjadi fasilitasi dan pendampingan di sekolah model dan sekolah rujukan dalam pemenuhan mutu pendidikan Dasar dan Menengah

Kegiatan Penyusunan Bahan Supervisi Mutu ini diadakan dalam bentuk Diskusi Kelompok Terpumpun yang diadakan di Hotel MJ Samarinda, pada Senin s.d Rabu, 13 s.d 15 Mei 2019. Adapun peserta dalam kegiatan DKT Penyusunan Bahan Supervisi Mutu ini adalah 50 orang yang berasal dari unsur widyaiswara dan staf LPMP Kaltim, pengawas sekolah jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, serta Kepala Sekolah di Lingkungan Kota Samarinda dan Kabupaten Kukar Kartanegara.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut peserta dibagi menjadi 5 kelompok, sesuai dengan bahan supervisi yang akan disusun, yaitu sebagai berikut:

  1. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Supervisi Mutu
  2. Instrumen Supervisi Mutu
  3. Buku Pegangan Implementasi PPK
  4. Buku Pegangan Implementasi Literasi
  5. Buku Pegangan Implementasi Kurikulum 2013

Pada hari terakhir kegiatan, setiap kelompok mempresentasikan hasil yang telah diperoleh dari diskusi bersama kelompoknya masing-masing. Selanjutnya semua bahan supervisi mutu yang dihasilkan dari kegiatan ini akan dibagikan pada semua fasilitator daerah dan pengawas sebagai referensi ketika mendampingi pelaksanaan supervise mutu di satuan pendidikan. Diharapkan dengan adanya semua rangkaian kegiatan ini, dapat melihat sejauh mana proses SPMI ynag berjalan di satuan pendidikan termasuk didalamnya implementasi PPK, literasi dan kurikulum 2013.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *