Rumah Belajar Kemendikbud : “Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja”

Rumah Belajar, adalah portal yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempermudah insan pendidikan untuk mengakses konten-konten tentang pembelajaran secara online. Untuk dapat  mengakses materi pembelajaran di  portal Rumah Belajar tidak dipungut biaya, cukup dengan mendaftar sebagai user dari Rumah Belajar sudah bisa mengakses seluruh konten yang tersedia pada portal tersebut, sehingga  diharapkan dapat diakses oleh lebih banyak insan pendidikan di tanah air. Hal  ini sesuai dengan jargon Rumah Belajar, Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Portal Rumah Belajar bisa diakses pada alamat url https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/, selain itu tersedia juga aplikasi Rumah Belajar dalam versi android yang bisa di download di playstore.  

Rumah Belajar berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Pada halaman utama portal Rumah Belajar, terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu fitur pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam fitur pendukung.

Selain itu, Rumah Belajar juga memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital. Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif.

Untuk lebih mengenalkan Rumah Belajar,  maka pada tanggal 2 Agustus 2019 telah dilakukan sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar dengan mengundang Duta Rumah Belajar Kalimantan Timur, Bapak Muhammad Yahya,  M.Kom, yang diikuti oleh seluruh staf dan unsur pimpinan  LPMP Kalimantan Timur. 

Sebagai bagian dari upaya untuk lebih mengenalkan  portal Rumah Belajar ke masyarakat,   LPMP Kalimantan Timur dalam  berbagai kegiatan yang dilaksanakan, memasukkan sosialiasi Rumah Belajar sebagai  salah satu materi yang wajib disampaikan oleh narasumber. Salah satunya pada kegiatan Pendampingan Sekolah Model 2019, pada kegiatan yang diikuti oleh pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru ini,  disosialisasikan tentang Rumah Belajar dan pemanfaatannya dalam pembelajaran.

Diharapkan melalui sosialisasi secara terus menerus, Rumah Belajar lebih dikenal sehingga dapat memberikan manfaat lebih bagi insan pendidikan dan bagi siswa yang pada masa sekarang sangat lekat pada gadget. Dengan demikian, diharapkan proses pembelajaran dapat terus berlangsung di mana saja dan kapan saja sesuai dengan jargon Rumah Belajar “Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja”.