BPMP Provinsi Kalimantan Timur Selenggarakan Monev Pelaksanaan Asesmen Nasional jenjang SMA

Penulis: Melur Senjahari

Samarinda, 1 September 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menetapkan kebijakan Asesmen Nasional melalui peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode 1 di tahun 2021 lalu. Asesmen Nasional merupakan evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada seluruh satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional jenjang SMA yang dilaksanakan pada tanggal 29 s.d 30 Agustus 2022 (gelombang 1) dan 31 Agustus s.d 1 September 2022 (gelombang 2), Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi untuk Pelaksanaan Asesmen Nasional jenjang SMA di satuan pendidikan pada 10 kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 29 Agustus s.d 2 September 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari proses pengawasan terhadap pelaksanaan Asesmen Nasional untuk jenjang SMA, sehingga dapat dihimpun informasi terkait pelaksanaan Asesmen Nasional di kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Timur. Lebih lanjut, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh satuan pendidikan, serta solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan diperoleh data yang konkrit terkait pelaksanaan Asesmen Nasional di Provinsi Kalimantan Timur. Diharapkan pula, seluruh kendala dalam pelaksanaan Asesmen Nasional dapat teratasi dengan baik sehingga pelaksanaan Asesmen Nasional untuk jenjang SMA di masa mendatang dan jenjang SMP dan SD untuk tahap selanjutnya di Provinsi Kalimantan Timur akan berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *